6 Bahasa Pemrograman Baru yang Wajib Dipelajari Tahun 2016

6 Bahasa Pemrograman Baru yang Wajib Dipelajari Tahun 2016

Jika kamu berniat untuk mempelajari bahasa pemrograman baru terbaik, tepat sekali kamu baca ini. Seiring perkembangan zaman dan juga kebutuhan akan performa yang lebih yahud, bahasa pemograman baru seperti Swift dan Go adalah pilihan yang menarik. Jadi sekarang ini adalah waktu yang tepat buat kamu memilih bahasa pemrograman yang ingin kamu pelajari. Meskipun Bahasa pemrograman seperti PHP, Java, Javascript, C++ dan lainnya merupakan “main dishes” nya orang indonesia sekarang ini dalam pengembangan software, itu tidak menghambat tumbuhnya bahasa pemrograman baru dari hari ke hari. Beberapa mungkin terlihat berantakan dan unik seperti TrumpScript, atau ‘seru’ seperti Emojicode. Dan di lain sisi pun ada Sistem Operasi yang menarik untuk di pelajari seperti Tizen OS.

Dalam beberapa tahun terkahir, banyak sekali bahasa pemrograman yang muncul dan memberikan pengaruh di dunia teknologi. Melihat ke-sederhana-an dan juga cukup bersahabat dengan kita, bahasa pemrograman ini berhasil melampaui bahasa pemrograman yang telah mainstream digunakan. Dari waktu ke waktu, kami terus memberikan kamu daftar bahasa pemrograman yang populer, terutama di indonesia. Walaupun, terpisah dari menguasai bahasa pemrograman yang populer, programmer perlu untuk menguasai kemampuan baru agar tetap menjadi programmer yang membuka diri dengan teknologi terbaru dan juga tetap dibutuhkan ke depannya. Jadi, dalam artikel ini, saya coba beritahu kamu tentang beberapa bahasa pemrograman yang akan menarik dan membuat mu merinding. Bahasa pemrograman berikut ini tumbuh begitu cepat di daftar populer bahasa pemrograman dan memperoleh review yang sangat baik. OK, simak baik baik beberapa bahasa pemrograman baru yang perlu kamu pelajari berikut ini :

  1. Go
Golang Programming Language from Google
Golang Programming Language from Google

Mari kita mulai daftar 6 bahasa pemrograman baru dan terbaik ini dengan Go atau dikenal juga dengan nama Golang, Go merupakan bahasa pemrograman open source dan dikembangkan oleh 3 orang karyawan Google dan di luncurkan tahun 2009 lalu, sangat keren hanya 3 orang saja. Go berawal dan dikembangkan dari bahasa pemrograman populer seperti C dan Java, yang menawarkan kelebihan notasi yang ringkas dan bertujuan agar kode tetap sederhana dan mudah untuk dibaca/di mengerti. Desainer bahasa Go, Robert Griesemer, Rob Pike, dan Ken Thompson, mengungkapkan bahwa kompleksitas dari C++ menjadi motivasi utama mereka. Bahasa pemrograman yang sederhana ini berhasil menuntaskan tugas terbanyak hanya dengan libraries standar bawaannya. Menggabungkan kecepatan dari bahasa pemrograman dinamis seperti Python dan ke handalan dari C/C++, Go menjadi alat terbaik untuk membangun ‘High Volume distributed systems’. Perlu kamu tahu juga lho, seperti yang diutarakan oleh CTO Tokopedia yakni Mas Leon, Tokopedia akan beralih ke GO-lang sebagai pondasi utama sistem nya. Ngeri bukan? eh belum nonton? coba deh simak di video berikut : [embedyt] http://www.youtube.com/watch?v=N9sxxA215A8[/embedyt]

 

  1. Swift
Swift Programming Language from Apple
Swift Programming Language from Apple

Apple meluncurkan bahasa pemograman Swift tahun 2014 lalu di WWDC sebagai penerus dari Objective-C. Di desain agar sederhana apa adanya, Swift fokus pada kecepatan dan keamanan. Selanjutnya pada Desember 2015, Apple menjadi Swift open source di bawah lisensi Apache. Sejak diluncurkan, Swift berhasil meraih mata komunitas dan bertumbuh dengan baik dan telah menjadi salah satu bahasa pemrograman ‘terpanas’ di dunia. Belajar Swift memastikan kamu mendapatkan masa depan yang lebih cerah dan memberikan kemampuan untuk mengembangkan aplikasi untuk ekosistem iOS yang begitu luas milik Apple.

 

  1. Rust
Rust Programming Language from Mozilla
Rust Programming Language from Mozilla

Dikembangkan oleh Mozilla tahun 2014 lalu, dan dalam StackOverflow’s 2016 survey ke developer, Rust terpilih sebagai bahasa pemrograman paling disukai. Rust dikembangkan sebagai alternatif dari C++ bagi Mozilla sendiri, yang disebut sebagai bahasa pemrograman yang fokus ke “performance, parallelisation, dan memory safety”. Rust diciptakan dari scratch dan menerapkan desain bahasa pemrograman modern. Bahasa pemrograman nya sendiri didukung dengan sangat baik oleh banyak developer diluar sana dan juga libraries.

 

  1. Julia
Julia Programming Language
Julia Programming Language

Bahasa pemograman Julia di desain untuk membantu matematikawan dan data scientist. Disebut dengan “ a complete high-level and dynamic programming solution for technical computing”. Julia perlahan namun pasti meningkat dalam segi pengguna dan pertumbuhannya rata-rata berlipat ganda setiap 9 bulan. Di masa mendatang, Julia akan dilihat sebagai salah satu “skill paling mahal” di industri finance.

 

  1. Hack
Hack Programming Language from Facebook
Hack Programming Language from Facebook

Hack merupakan bahasa pemrograman lain yang dikembangkan oleh Facebook tahun 2014. Jejaring sosial raksasa mengembangkan Hack di Facebook dan di gaungkan sebagai sukses terbaik dari mereka. Facebook bahkan melakukan migrasi seluruh sistem yang dikembangkan dengan PHP ke Hack Facebook juga merilis versi open source dari bahasa pemrograman ini sebagai bagian dari HHVM runtime platform.

 

  1. Scala
Scala Programming Language
Scala Programming Language

Scala sebetulnya relatif termasuk bahasa pemrograman lama dibandingkan dengan bahasa lain di dalam daftar kita sekarang. Disaat salah seorang melihat bahasa pemrograman ini relatif sulit untuk dipelajari, tapi dari waktu yang kamu investasi kan untuk mempelajari Scala tidak akan berakhir menyedihkan dan mengecewakan. Fitur yang begitu kompleks memberikan mu kemampuan untuk melakukan struktur kode yang lebih baik dan berorientasi performa terbaik. Bahasa pemograman yang berbasis OOP (Object oriented programming) dan fungsional memberikan kemampuan untuk menulis kode yang mampu berkembang. Diciptakan dengan tujuan untuk desain a “better Java”, Scala menjadi salah satu behasa pemrograman yang begitu dibutuhkan di perusahaan-perusahaan besar.

 

Seperti itulah daftar 6 bahasa pemrograman baru dan keren yang perlu kamu pelajari, ingat semakin luas kemampuan mu akan pemrograman maka semakin baik pula reputasi mu di antara perusahaan-perusahaan juga menjadi poin lebih bagimu dalam persaingan. Tentu saja, tidak hanya luas namun kamu perlu menguasai satu bahasa pemograman yang menjadi kemampuan paten mu secara mendalam bahkan jika perlu sampai memiliki sertifikasi. Asyik deh pokoknya. Well, kalau ada kekurangan dari informasi di atas. Saya tunggu komentarnya ya. Terakhir, jangan lupa Register dan Subscribe selalu Codepolitan dan rasakan bedanya 🙂   sumber : 6 New Programming Languages You Need To Learn In 2016.

 

 

Sources : www.codepolitan.com

Related Posts
Leave a reply
Captcha Click on image to update the captcha .